Nama : Selma Angelica Uli
NIM : 20200801325
I. PENDAHULUAN
Acara webinar Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) telah diselenggarakan pada kamis, 28 Oktober 2021 yang bertujuan untuk pembinaan UMKM juga untuk mendapatkan sertifikat halal untuk memulai usaha UMKM. Selain itu, acara ini akan membahas mengenai pelatihan umkm juga mendiskusikan bagaimana cara berwirausaha yang baik dan benar di negara Indonesia.
Sertifikat halal adalah sertifikat yang menyatakan bahwa suatu produk (makanan, minuman, dan sebagainya) tidak mengandung unsur yang diharamkan, atau bahan baku dan pengolahan dilakukan dengan metode produksi yang sudah memenuhi kriteria syariat Islam.
II. KEGIATAN SESI I (Pelatihan)
II. 1. Meningkatkan Pemasaran UMKM
Dunia saat ini sudah sangat berbeda, bisa dibilang kita memasuki tahapan new normal. 50% proposi penurunan profit 70% UMKM selama covid tetapi 400% pembelanjaan rumah tangga lewat online selama covid 19. 80% pembelanjaan kecantikan naik dan 40% kenaikan pembelanjaan fashion melalui digital.
Darma Simorangkir/"Meningkatkan Pemasaran UMKM terutama perempuan" (9.45 WIB)
II. 2. Pembiayaan Secara Digital
Bambang Suti Atmojo dari bank BNI (10.35 WIB)
III. KEGIATAN SESI II (Diskusi)
"Transformasi Digital dan Upaya Perluasan Aksesibilitas Pasar bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil."
Salah satu sektor terpenting dalam ekonomi adalah sektor perdagangan. Pada kondisi pandemi ini, sektor perdagangan kebutuhan rumah tangga telah menurun. Salah satu jalur solusi dalam masa pandemi atau ketika PPKM sudah dilonggarkan adalah keberadaan e-commerce. E-commerce adalah produk digital yang sudah berada di tengah kita atau suatu hal mainstream di kalangan muda atau milenial. Namun, ketika pandemi tidak hanya kaum muda yang mengenal e-commerce, seluruh kelompok umur di Indonesia memerlukan e-commerce. Hal ini membuat peningkatan penggunaan e-commerce di tahun 2020 dibandingkan 2019. Dengan meningkatnya penggunaan e-commerce, dapat menetralkan perdagangan retail yang terus menurun.
Setelah pandemi, kegiatan ekonomi digital terus meningkat di beberapa kota yaitu kota tier-1, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, selain itu tidak terjadi pertumbuhan yang signifikan pada 2020.
Beberapa kunci peningkatan e-commerce =
1. Perkembangan di kota Tier-1
2. Pengaruh generasi milenial yang senang berbelanja melalui e-commerce
3. Meningkatnya penetrasi internet
4. Tumbuhnya jumlah Fintech dan pembayaran alternatif
5. Pengaruh pemerintah dalm
Selain itu, UMKM juga telah berkontribusi setidakbya 60% pada PDB Indonesia. Hal ini juga didukung oleh meningkatnya kepercayaan customer yang mana akan menstimulasi pengeluaran dan akan berdampak pada permintaan akan barang dan jasa.
Prof. Bambang P.S Brodjonegoro, Ph. D/04:00 PM
Berikut bukti kehadiran saya dalam forum Khadijah PPUMI.
Berikut E-Sertifikat yang telah saya dapat pada 3 November 2021. Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar